QATHRUN NADA - 4.Hadzami dan Amsi
Muallif mengatakan :
فَأَمَّا بَابُ «حَذَامِ » وَنَحْوِهِ : فَأَهْلُ الْحِجَازِ
يَبْنُوْنَهُ عَلَى الْكَسْرِ مُطْلَقًا؛ فَيَقُوْلُوْنَ: «جَاءَتْنِي حَذَامِ، وَرَأَيْتُ
حَذَامِ، ومَرَرْتُ بِحَذَامِ»
فَـــلَــــوْ لَا الْـــمُـــزْعِـــجَـــاتُ
مِـــنَ الــلَّـــيــَـالـــِي لَـــمَــا
تَـــرَكَ الْــــقَــــطَاطِـــيـــــْـبَ الْــــمَــــنَـــامِ
إِذَا قَــــالَـــــتْ حَــــــذَامِ فَـــــــصَـــــــدِّقُـــــوْ هَـــــا فَـــــإِنَّ الْــــــقَــــوْلَ مَــــــا قَــــــالَــــتْ حَـــــــذَامِ
فذكرها في البيت مرتين مكسورة ، مع أنها فاعل
وَافْتَرَقَتْ
بَنُوْ تَمِيْمِ فِرْقَتَيْنِ؛ فَبَعْضُهُمْ يُعْرِبُ ذَلِكَ كُلَّهُ: بِالضَّمِّ رَفْعًا، وَبِالْفَتْحِ نَصْبًا وَجَرًّا؛ فَيَقُوْلُ «جَاءَتْنِيْ حَذَامُ » بِالضَّمِّ، وَ«رَأَيْتُ حَذَامَ » بِالْفَتْحِ، و مررت بحذامَ بالفتح, وَأَكْثَرُهُمْ يَفْصِلُ بَيْنَ مَا كَانَ آخِرَهُ رَاءٌ - كَــوَبَارِ: اسْمٌ لِقَبِيْلَةٍ، وَحَضَارِ: اسْمٌ لِكَوْكَبٍ، وَسَفَارِ:
اسْمٌ لِمَاءٍ - فَيَبْنِيْهِ عَلَى الْكَسْرِ كَـالْحِجَازِيِّيْنَ
مَــنَــعَ الْـــبَـــقَـــاءَ تَـــقَـــلُّـــبُ الـــشَّـــمْـــس وَطُـــلُـــوْعُـــهَـــا مِــــنْ حَــــيْـــثُ لَا تُـــمْـــسِ
وَطُـــلُـــوْعُـــهَـــا حَـــمْـــرَاءَ صَـــافِـــــيَــــــةً وَغُــــــــرُوْبُــــــهَــــــا صَـــــفْــــرَاءُ كَــــــالْــــــــوَرْسِ
الْـــيَـــــوْمُ أَعْــــلَـــمُ مَـــــا يَــــجِـــــيْءُ بِـــــهِ وَمَــــضَــــى بِــــفَــــصْــــلِ قَـــــضَـــــائِـــــهِ أَمْـــــسِ
أمْسِ فِيْ البَيْتِ فَاعِلٌ لِمَضَى، وَهُوَ مَكْسُوْرٌ كَمَا تَرَى
وَافْتَرَقَتْ بَنُوْ تَمِيْمٍ
فِرْقَتَيْنِ
:
)١ (فَمِنْهُمْ
مَنْ أَعْرَبَهُ :
بِالضَّمَّةِ رَفْعًا،
وَبِالْفَتْحَةِ مُطْلَقًا، فَقَالَ : مَضَى أَمْسُ :
بِالضَّمَّةِ، وَاعْتَكَفْتُ أَمْسَ، وَمَا رأيتُهُ مُذْ أَمْسَ، بِالْفَتْحِ،
َـــقَــــدْ رَأَيْـتُ عـَــجَـــبـــًا مُــــذْ أَمْــسَــــا عَـجَـــائـــتزًا مِـــثْـــتلَ الـسَّـعَــالـِي خَـمْـسَـــا
يَـــأْكُــلْــنَ مَــا فِــيْ رَحْــلِـــهـِنَّ هَــمْسَـا لَا تَـــــــــرَكَ الـــــــلَّـــــــهُ لَــــــهُـــــــنَّ ضِـــــرْسَـــــــا
وَلَا لَـــــقِيــــْنَ الـــدَّهــــْرَ
إِلَّا تَـــــعْسَــــا
(٢) وَمِنْهُمْ مَنْ أَعْرَبَهُ بِالضَّمَّةِ رَفْعًا، وَبَنَاهُ عَلَى الْكَسْرِ نَصْبًا وَجَرًّا.
(٣) وَالصَّوَابُ
مَا قَدَّمْنَاهُ مِنْ أَنَّهُ مُعْرَبٌ غَيْرُ مُنْصَرِفٍ.
وَزَعَمَ بَعْضُهُمْ أَنَّ «أَمْسَا» فِيْ الْبَيْتِ فِعْلٌ مَاضٍ، وَفَاعِلُهُ
مُسْتَتِرٌ، وَالتَّقْدِيْرُ »مُذْ أَمْسَى المَسَاءُ«
Adapun bab << حذام >> dan yang semisalnya maka Ahlul Hijaz ( orang orang Arab yang tinggal di Hijaz ) memabnikan dengan kasrah secara mutlak. Mereka mengatakan :
« ِجاءتني حذامِ ، وَرَأَيْتُ حَذَامِ ، ومَرَرْتُ بحذام »
Oleh karenamya perkataan penyair :
فَـــلَــــوْ لَا الْـــمُـــزْعِـــجَـــاتُ
مِـــنَ الــلَّـــيــَـالـــِي لَـــمَــا
تَـــرَكَ الْــــقَــــطَاطِـــيـــــْـبَ الْــــمَــــنَـــامِ
إِذَا قَــــالَـــــتْ حَــــــذَامِ فَـــــــصَـــــــدِّقُـــــوْ هَـــــا فَـــــإِنَّ الْــــــقَــــوْلَ مَــــــا قَــــــالَــــتْ حَـــــــذَامِ
(Apabila حذام berkata maka benarkanlah ia, karena perkataan yang benar adalah apa yang dikatakan oleh حذام.)
Penyair menyebutkan kata حذام dalam syair ini dua kali, dengan dikasrahkan sebagai fail.
Sedangkan
Bani Tamim terpecah menjadi dua golongan. Sebagian mereka mengi'rab (membaca
dengan mu'rab) lafadz حَذَام dan yang semisalnya secara keseluruhan : dengan
dhammah ketika rafa', dan dengan fathah ketika nashab dan jar; sehingga mengatakan (Bani Tamim) «جَاءَتْنِيْ
حَذَامُ » dengan dhammah (sebagai fa'il), dan « حَذَامَرَأَيْتُ
» dengan fathah (sebagai maf'ul bih), dan «َ ممررت بحذامَ » majrur dengan fathah. Tetapi sebagian besar Bani Tamim
memisahkan yang akhirnya ra' (ر) - seperti وَبَارِ yaitu nama
kabilah, حَضَارِ yaitu nama
bintang, سَفَارِ yaitu nama air-
dimana sebagian Bani Tamim me-mabnikan lafazh tersebut dengan
kasrah sama seperti Ahlu Hijaz.
Adapun أَمْسِ apabila engkau menginginkan dengannya hari sebelum harimu sekarang maka Ahlul Hijaz (orang-orang Arab penduduk Hijaz) memabnikannya dengan kasrah [seperti حَذَامِ tadi]. Maka orang-orang Arab penduduk Hijaz mengatakan أَمْسِ, مَضَى أَمْسِاِعْتَكَفْتُ dan مَا رَأَيْتُهُ مُذْ أَمْسِ. Dengan kasrah pada tiga keadaan tersebut.
Berkata penyair :
مَــنَــعَ الْـــبَـــقَـــاءَ تَـــقَـــلُّـــبُ الـــشَّـــمْـــس وَطُـــلُـــوْعُـــهَـــا مِــــنْ حَــــيْـــثُ لَا تُـــمْـــسِي
وَطُـــلُـــوْعُـــهَـــا حَـــمْـــرَاءَ صَـــافِـــــيَــــــةً وَغُــــــــرُوْبُــــــهَــــــا صَـــــفْــــرَاءُ كَــــــالْــــــــوَرْسِ
الْـــيَـــــوْمُ أَعْــــلَـــمُ مَـــــا يَــــجِـــــيْءُ بِـــــهِ وَمَــــضَــــى بِــــفَــــصْــــلِ قَـــــضَـــــائِـــــهِ أَمْـــــسِ
Kata أَمْـــــسِ pada akhir bait syair,merupakan fa'il dari مضى dan ia dikasrahkan seperti yang engkau lihat.
Sedangkan
Bani Tamim terpecah menjadi dua kelompok :
(1)
Sebagian dari mereka membacanya mu'rab, dengan dhammah ketika rafa' dan dengan
fathah secara mutlaq . Maka dia
(salah seorang Bani Tamim) mengatakan : مَضَى أَمْسُ (Telah lewat /selesai kemarin) dengan
dhammah اِعْتَكَفْتُ أَمْسَ (Aku telah beri'itikaf kemarin), dan مَا رأيتُهُ مُذْ أَمْسَ (Aku tidak melihatnya semenjak kemarin),
dengan fathah.
Telah
berkata penyair :
٣- لَـــقَــــدْ رَأَيْـتُ
عـَــجَـــبـــًا مُــــذْ أَمْــسَــــا عَـجَـــائـــتزًا مِـــثْـــتلَ الـسَّـعَــالـِي
خَـمْـسَـــا
يَـــأْكُــلْــنَ مَــا فِــيْ رَحْــلِـــهـِنَّ
هَــمْسَـا لَا تَـــــــــرَكَ الـــــــلَّـــــــهُ
لَــــــهُـــــــنَّ ضِـــــرْسَـــــــا
وَلَا لَـــــقِيــــْنَ الـــدَّهــــْرَ
إِلَّا تَـــــعْسَــــا
[Di syair ada kata مُــــذْ أَمْــسَــــا Kata أَمْــسَــــا disini huruf terakhirnya berharakat fathah, itu menunjukkan bahwa أَمْــسَــــا di i’rab seperti ghairu munsharif. Kemudian diujungnya ada huruf alif yang merupakan huruf tambahan, bukan huruf asli dari أَمْسِ . Jadi dalam sya’ir memang terkadang ada huruf yang ditambahkan supaya sesuai dengan ketukan wazan sya’ir, dan ada juga yang hurufnya dikurangi. Yang penting yang mendengar faham bahwa ada yang dihapus dan ada yang ditambah].
(2) Dan sebagian mereka (yaitu Bani
Tamim) meng'irab-nya )membacanya dengan mu'rab(
dengan dhammah ketika rafa' dan memabni-kan dengan kasrah ketika nashab dan
jar.
[Jadi
ketika nashab dan jar mabni, ketika rafa' mu'rab. Kenapa dikatakan mabni?
Karena tidak ada isim yang ketika manshub dan majrur dengan kasrah kecuali Jama’Muannats
Salim (selain itu tidak ada). Dan lafadz ini bukan Jama’Muannats Salim karena
tidak ada alif dan ta' di ujungnya. Kalau yang manshub dan majrur dengan fathah
ada yaitu ghairu munsharif sehingga tetap dikatakan mu'rab. Tetapi karena ini
tidak ada yang bentuknya kasrah ketika manshub dan majrur kecuali Jama’Muannats
Salim maka dia dikatakan mabni ketika nashab dan jar.
Ini kesimpulan dari ulama nahwu. Jadi
ini adalah cara baca yang ketiga. Yang pertama tadi mabni, yang kedua seperti
ghairu munsharif yang ketiga ketika marfu' mu'rab, ketika nashab dan jar mabni
dengan kasrah.
Dan semua cara baca ini benar karena ini asalnya dari orang Arab. Dan untuk cara bacanya ini bukan pendapat. Yang pendapat itu hanya sebutannya, yaitu sebutan ghairu munsharif atau mabni dengan kasrah dan seterusnya. Jadi mau dibaca dengan tiga cara baca ini semuanya benar. Hanya saja yang paling bagus memakai yang Ahlul Hijaz. Tapi kalau kita memakai yang selain Ahlul Hijaz itu tidak disalahkan. Karena ini bukanlah pendapat para ulama, tetapi sudah berbeda dari orang Arabnya sendiri].
Az-zajjajy
berpendapat bahwasanya ada orang Arab yang memabnikan «أَمْسِ»
dengan fathah, Dan Az-zajjajy mendendangkan
atau berdalil dengan perkataan penyair مُــــذْ أَمْــسَــــا Dan
ini adalah kesalahan dari Az-zajjajy.
(3) Yang benar adalah bahwasannya أَمْسَ tadi mu'rab ghairu munsharif )bukan mabni). Dan sebagian ahli nahwu berpendapat bahwasannya أَمْسَا pada bait syair tadi adalah fi'il madhi fa'ilnya mustatir, taqdirnya (tersiratnya) adalah مُذْ أَمْسَى المَسَاءُ
[Kesimpulannya:
Yang
mabni dengan kasrah ada yang diperselisihkan yaitu حَذَامِ
dan أَمْسِ.
Diperselisihkan ini maksudnya ada beberapa cara baca orang Arab terhadap dua
kata ini. Adapun umpamanya هَؤُلَاءِ dan yang semisalnya yang sudah pasti
kasrah tidak diperselisihkan tentang mabninya dengan kasrah].
Soal soal :
Harakati sesuai cara baca Ahlul Hijaz dan Bani
Tamim!
نصر زيد
قطام ووبار
ما رأيت
زيدا أمس
كان في
البيت قطام ووبار
هذا
من قطام ووبار
أمس يومٌ
قبل يومك هذا
(Syarah Qathrun Nada, Ibnu Hisyam halaman 34 - 38)
Komentar
Posting Komentar